THE DOW CORNING CRISIS : A Benchmark (Review)

 

M NAFIS LAUNA
165120207113017
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS BRAWIJAYA

TUJUAN

  1. Mengetahui masalah yang terjadi
  2. Mencari solusi atas permasalahan

Mengapa Penting di Tulis

Pelajaran yang sangat berharga bisa kita temukan dalam permasalahan Dow corning, bahwa pentingnya antar hubungan sesama organisasi. Kita bisa melihat dampak yang didapat oleh orang yang masih salah dalam melakukan peran sebagai PR.

Cara Mencapai Tujuan

  1. Memahami kasus Dow Corning
  2. Mencari solusi dalam masalah

Deskripsi Kasus dan Kejadian

Dow Corning menderita akibat krisis yang terjadi pada akhir tahun 1980-an. Banyak kerusakan kecil yang tidak dapat diperbaiki dan mungkin sudah melekat. Pengajuan pertama terhadap Dow Corning tentang kesalahan penanaman implan sudah pernah terjadi pada tahun 1977. Ini berarti perusahaan sebenarnya sadar. Dow Corning diduga menggunakan silikon implan payudara yang berbahaya dan memasarkannya ke publik, meskipun perusahaan mengetahui hal tersebut berbahaya bagi kesehatan perempuan. Ribuan perempuan telah mengajukan tuntutan kepada Dow Corning dan mengatakan mereka silikon implon payudara mereka yang pecah mengakibatkan masalah besar bagi kesehatan mereka.. Lebih dari 20 penelitian gagal menemukan korelasi statistik antara silikon implan dan penyakit yang menyeran auto-imun. Dengan bukti ilmiah tersebut, perusahaan percaya bahwa pertahanan utama tentang bukti yang dapat dipercaya adalah aman dan rasional.

Periode pertama, Juli – Sept 1991 , Dow Corning melakukan suatu kesalahan besar. Dow Corning bergantung sepenuhnya pada bukti ilmiah sebagai satu-satunya pertahanan untuk melawan opini publik dan hal ini diperparah dengan sikap perusahaan yang tertutup pada media.

Periode kedua, February – Sept 1991 , Dow Corning terus menyerang FDA dan menyangkal tunduhan bahwa implant payudara mereka tidak aman. Layanan ini ditutup oleh FDA karena dianggap memberikan pemahaman yang keliru.

Periode ketiga, 1992-sekarang terakhir dari krisis ini , menjadi tahap perbaikan citra perusahaan. Dow Corning bersedia bertanggung jawab atas kasus implant payudara, namun perusahaan tetap tidak mau mengakui bahwa implant mereka tidak aman.

Identifikasi Masalah

Beberapa masalah pada kasus The Dow Corning Crisis dapat diidentifikasikan

  1. Peran PR yang tidak penting
  2. Hubungan yang tidak baik antara perusahaan dan publik

Analisis Masalah

Dalam menyelesaikan kasus ini, perusahaan bisa menggunakan pendekatan yang cepat untuk berkomunikasi dalam keadaan krisis, meliputi 10 prinsip ini (Penulis, Dr. Elvinaro Ardianto, M.Si.):

  1. Speak First and Often. Dalam kasus ini Dow Corning menutupi keburukan perusahaan dan tidak terbuka pada public dan media.
  2. Don’t Speculate. Dow Corning selalu menduga bahwa public tidak mengetahui permasalahan perusahaan
  3. Go Of Record at Your Peril. Perusahaan tidak terbuka terhadap media.
  4. Stay With the Facts. Dow Corning tidak mengakui masalah yang sebenarnya terjadi dalam perusahaan
  5. Be Opened, Conserned not defense. Perusahaan tidak terbuka tentang permasalahan kepada media dan public.
  6. Make You Point and Repeat. Dow Corning selalu melupakan masalah yang sudah terjadi
  7. Don’t War with Media. Perusahaan menyangkal tuduhan dari FDA.
  8. Establish Yourself As The Most Autoritative Source. Perusahaan tidak menjadi narasumber melainkan publilc menjadi narasumber tentang kasus tersebut.
  9. Stay calm, Be truthful and Cooperative. Perusahaan tenang menghadapi masalah tetapi tidak jujur kepada public.
  10. Never Lie. Perusahaan berbohong keamanan implan payudara

Kesimpulan

Perusahaan tidak melakukan pendekatan untuk membuat public dan media menilai bahwa mereka tidak salah, dan juga PR perusahaan tersebut tidak berusaha menghapus citra buruk yang sudah melekat. Sehingga perusahaan harus tutup dan gulung tikar.

Daftar Pustaka

Ardianto, E. 2014. Handbook of Public Relations and Communication. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

LaPlant, Katie. 1999. The Dow Corning Crisis: A Benchmark ; page 32. Academic Research Library.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s